Waralaba Dapat Antarkan Seseorang Jadi Miliuner Forbes

Monday, September 9th 2019.

JAKARTA, WARALABAFRANCHISE.id – Forbes merilis “Best Over A Billion of the 200-best performing” pada Minggu (8/9/19). Beberapa perusahaan asal Indonesia berhasil masuk deretan perusahan berforma terbaik di tahun 2019. Forbes menyeleksi sekitar 3.200 perusahaan dari kawasan Asia Pasifik yang berhasil meraup keuntungan US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun dari waralaba bersangkutan.

Metrik Pertimbangan Forbes

Laporan publikasi Forbes mempertimbangkan berbagai metrik untuk menentukan perusahaan terbaik di tahun 2019. Selain pendapatan perusahaan yang mencapai US$ 1 miliar, Forbes juga melihat hubungan antar perusahaan. Korelasi perusahaan dengan wirausaha dan perusahaan di kawasan Asia Pasifik lainnya diketahui berpengaruh pada profit tahunan.

Dari 3.200 perusahaan, banyak diantaranya dieliminasi dari daftar perusahaan terbaik. Hal ini dikarenakan hutang jangka panjang dan nominal hutang yang lebih besar daripada modal. Masalah keuangan dan hukum terkait perusahaan menjadi pertimbangan lainnya. Berdasarkan seleksi tersebut, perusahaan asal Jepang, Korea Selatan, dan China mendominasi 200 perusahaan terbaik.

Perusahaan Indonesia yang mampu menembus daftar tersebut adalah Gudang Garam, Adaro Energy, BCA (Bank Central Asia), Chandra Asri Petrochemical, dan Bayan Resources. Beberapa perusahaan Indonesia yang masuk daftar tersebut merupakan perusahaan keluarga. Sistem pengelolaan telah dilakukan dari generasi ke generasi untuk mempertahankan waralabanya.

Mengelola Neraca Keuangan Perusahaan

Mengelola dan mengembangkan sebuah perusahaan memang tidak pernah mudah. Dibutuhkan sistem dan konsep inovatif untuk dapat bertahan di market. Persaingan antar perusahaan yang sangat ketat juga menuntut pengusaha untuk terus berinovasi. Revolusi industri 4.0 yang ada di depan mata juga memiliki tantangan tersendiri.

Pengusaha diharapkan bisa memajukan perekonomian dan pendapatan negara melalui program pajak. Di sisi lain, setiap perusahaan wajib menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas. Bagi pengusaha pemula, Anda bisa mencoba berbagai konsep bisnis inovatif yang jarang dilirik. Pengamatan pasar dibutuhkan untuk mengetahui target market yang tepat.

Supaya perusahaan Anda bisa menembus daftar perusahaan terbaik, tingkatkan profit per tahun. Bangun kerjasama dengan perusahaan lainnya yang prospek kedepannya menjanjikan. Untuk mengatur sistem keuangan, pekerjakan seorang konsultan profesional. Mengaudit keuangan perusahaan akan menyehatkan neraca keuangan waralaba.

Penulis: Shara Nurrahmi, S.Pd
Editor: Tim Admin WFI
Sumber: Kompas

Produk terbaru