Peluang Usaha Fashion: Alternatif Jawaban Atas Permintaan Para Konsumen

Thursday, September 12th 2019.

JAKARTA, WARALABAFRANCHISE.id – Hari ini, Kamis (12/09/2019), terjadi kembali penyelundupan pakaian bekas dari beberapa negara ke Indonesia. Peluang usaha berupa bisnis pakaian bekas memang dinilai sangat menguntungkan bagi beberapa pengusaha di Indonesia. Mereka bisa dengan bebas memasukkan baju dari luar negara dan menjual kembali dengan harga yang tetap terjangkau.

Karena harga yang terjangkau ini, semakin besar minat pasar akan objek ini dan semakin banyak lah keuntungan yang di dapat para penjual baju bekas. Padahal, aktivitas impor baju bekas untuk dijual kembali ini telah dilarang oleh pemerintah. Bahkan peraturannya pun resmi secara tertulis.

Masih Marak Terjadi

Jelas saja bisnis ini masih marak terjadi karena beberapa alasan. Kualitas baju yang cukup designer, murah, dan banyak pilihannya, itulah beberapa alasan orang lebih memilih berbelanja di toko baju bekas. Apalagi bagi mereka yang ingin memiliki banyak baju tetapi budget nya terbatas, toko baju bekas lah solusinya.

Peraturan akan larangan menjual pakaian impor bekas sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/MDAG/PER/7/2015. Peraturan tentang Larangan Impor Pakaian Bekas ini tentu memiliki alasan yang jelas. Beberapa alasan yang mungkin menjadi dasar adanya peraturan ini adalah faktor keamanan dan kebersihan dari barang-barang tersebut yang mana bisa saja mendatangkan penyakit berbahaya.

Kemungkinan faktor adanya larangan ini dinyatakan oleh Wakil Ketua dari Komite Ekonomi dan Industri Nasional atau KEIN Arif Budimanta pada Hari Rabu, 11 September 2019 lalu di Hotel Millenium, Jakarta. Satu lagi yang menjadi alasan kuat dari adanya larangan ini, pakaian impor bekas bisa melemahkan industri dalam negeri. Meskipun masuknya barang-barang ini sudah dikenakan bea cukai sebesar 35% dari harga dasar, namun tetap saja penjualan ini masih marak terjadi karena memang sudah terorganisir.

Alternatif Cara Menanggulanginya : Ciptakan Usaha Fashion Berkualitas

Peluang usaha menjual kembali pakaian impor bekas bisa sukses dan tetap jalan meskipun sudah dipatok bea cukai yang besar karena berbagai alasan. Pakaian yang dijual memiliki desain yang bagus, brand ternama, banyak pilihan, namun tetap dalam kisaran harga yang murah. Bukan menjadi saingan, hal ini justru bisa membuka peluang bagi para pebisnis muda untuk menciptakan brand tekstil yang menghadirkan pakaian-pakaian dengan desain bagus namun dijual dengan harga yang terjangkau.

Eksistensi dari brand baru pasti akan segera melonjak sesaat setelah pebisnis berusaha memberikan produk terbaik dengan bahan yang berkualitas pula. Jadi, salah satu cara agar tidak banyak permintaan dari konsumen untuk produk murah berkualitas dapat dilakukan dengan cara penggunaan bahan alami. Bahan alami untuk tekstil dapat dijadikan peluang usaha fashion baru yang mengusung khazanah negara dan bahkan bisa melibatkan ibu rumah tangga di sekitar kita.

Penulis: Shara Nurrahmi, S.Pd
Editor: Tim Admin WFI
Sumber: Kompas

Produk terbaru