Peluang Usaha E-Mobility yang Prospektif Seiring Dirilisnya E-Bikes

Tuesday, September 10th 2019.

JAKARTA, WARALABAFRANCHISE.id -Perusahaan otomotif raksasa menemukan market baru. Dirilis Sindonews.com pada Senin (9/9/19), beberapa perusahaan raksasa mulai memproduksi e-scooter dan e-bikes. Produksi e-mobility yang kian membludak dilirik sebagai peluang usaha baru. Beberapa moda transportasi online berniat melakukan ekspansi usaha dengan memanfaatkan kendaraan bertenaga listrik.

Nilai Valuasi Perusahaan Otomotif

Pergerakan pasar e-mobility terpantau dari valuasi beberapa perusahaan otomotif raksasa. Hasil penjualan Bird menunjukkan adanya pencapaian hingga US$ 2 miliar pada tahun 2019. Berbeda dengan Bird yang mengembangkan scooternya sendiri, Ford dan BMW justru menggandeng perusahaan kecil.

Keberhasilan Bird, Ford, dan BMW mengilhami perusahaan otomotif lainnya. Uber, perusahaan transportasi online berekspansi pada e-mobility. Anak perusahaan Uber, Jump telah lebih dulu memproduksi e-bikes. Produk besutan Jump sudah bisa ditemukan di sekitar Amerika Serikat dengan harga cukup terjangkau.

Tak mau ketinggalan, perusahaan otomotif dan cruise turut menyumbang ide. Bukan sekedar e-bikes dan e-scooter biasa, beberapa produk telah dilengkapi tenaga listrik. Selain dinilai hemat energi, tentu saja moda transportasi berbahan listrik sangat ramah lingkungan. Inovasi ini cocok dijadikan peluang usaha transportasi berbasis online.

Peluang Usaha Transportasi Ramah Lingkungan

Kota-kota besar di seluruh dunia butuh moda transportasi umum yang minim polusi. Demi mengurangi angka polusi, transportasi berenergi listrik jadi pilihan. Untuk para pengusaha, moda transportasi ini tentu bisa jadi ide kreatif. Ide yang benar-benar matang sekaligus mendukung program back to nature akan memberi dampak positif.

Perusahaan dapat mengedukasi konsumen untuk beralih pada moda transportasi yang lebih ramah lingkungan. Sementara perusahaan dapat meraup untung yang tidak sedikit. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengubah gaya hidup berpihak pada alam, perlahan-lahan turut menjaga kelangsungan bumi.

Bisnis berbasis lingkungan masih sangat jarang ditemui. Terlebih peluang usaha transportasi online yang selama ini lekat dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Secara perlahan, Indonesia sebenarnya bisa mewujudkan transportasi yang tidak hanya ramah lingkungan, namun ramah di kantong.

Penulis: Shara Nurrahmi, S.Pd
Editor: Tim Admin WFI
Sumber: Sindo News

Produk terbaru