Ini Modal yang Harus Disiapkan Untuk Franchise

Tuesday, September 17th 2019.

JAKARTA, WARALABAFRANCHISE.id – Senin, 16 September 2019 – Bisnis franchise memang terdengar menggiurkan dan membuat pebisnis berpikir beberapa kali untuk memulainya. Ya, salah satu alasan mengapa para pebisnis memilih berpikir dua atau tiga kali untuk memulai tak lain adalah soal biaya. Biaya yang dikeluarkan untuk memulai bisnis waralaba selama ini dinilai tidak kecil. Selain biaya, bisnis waralaba juga membutuhkan keputusan yang tepat saat memilih, entah itu berwaralaba dengan brand roti, kafe, rumah makan, dan lain sebagainya.

Informasi Modal Franchise

Pernyataan akan tingginya modal yang diperlukan untuk memulai franchise memang benar adanya. Kebanyakkan bisnis waralaba memang ‘menyuruh’ siapa pun yang bergabung untuk mengeluarkan nominal yang besar. Apalagi, kalau bisnis waralaba yang dipilih sudah populer dan memiliki cabang dimana-mana, modal yang besar tentu harus disiapkan.

Namun, di sisi lain rupanya juga ada brand yang menjual waralaba mereka dengan harga yang cukup murah. Kabar baik ini tentunya bisa menarik perhatian para pebisnis, terutama yang jauh hari lalu ingin membuka bisnis waralaba namun tertunda karena biaya. Adapun berbagai informasi terkait nominal biaya yang harus dikeluarkan untuk beberapa waralaba dari brand makanan dan minuman serta produk lain akan dibahas berikut ini.

Waralaba pertama yang dinilai mampu menawarkan waralaba dengan harga murah adalah Baba Rafi Enterprise. Para pebisnis harus mengingat waralaba yang satu ini cukup sukses di dunia, tak hanya di Indonesia saja. Kesuksesan dari Baba Rafi Enterprise dibuktikan dengan adanya eksistensinya di sebelas negara dan telah berdiri sebanyak 1300 gerai.

Biaya yang perlu dimodalkan untuk bergabung dengan waralaba Baba Rafi Enterprise adalah 75 juta rupiah saja. Nominal ini berlaku untuk tipe black booth. Sedangkan pebisnis yang ingin membuka dengan tipe kontainer bisa mengeluarkan modal sebesar 300 juta rupiah. Kelebihan dari pilihan tipe kontainer ini selain mendapatkan kesempatan berbisnis yang besar, juga mendapatkan payback period dengan rata-rata 1,4 tahun.

Waralaba selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk mereka yang punya modal kecil adalah Tahu Jeletot Taisi. Karena sedang promo, pebisnis bisa berwaralaba Tahu Jeletot Taisi dengan harga 12,9 juta rupiah saja. Hal ini dinyatakan oleh Sonza Kusuma selaku kepala marketing dari brand makanan ini. Bahwasannya, harga normal untuk modal waralaba ini adalah 20 juta, namun karena sedang adanya promo di bulan September, harganya menjadi 12,9 juta rupiah saja.

Peluang Besar Untuk Segera Memulai

Itulah sedikit informasi mengenai modal franchise yang bisa Anda pilih. Dari informasi di atas kita semua bisa tahu bahwa memulai bisnis waralaba bisa dengan modal belasan juta rupiah, yaitu sekitar 12,9 juta rupiah untuk berwaralaba Tahu Jeletot Taisi. Dengan beberapa informasi di atas, semoga para pebisnis yang ingin berwaralaba bisa segera menyiapkan modal yang cukup.

Penulis: Shara Nurrahmi, S.Pd
Editor: Tim Admin WFI
Sumber: Kompas

Produk terbaru