Dinilai Jago Kandang, Kemendag Ajak Bisnis Waralaba untuk Lebih Aktif

Monday, September 16th 2019.

JAKARTA, WARALABAFRANCHISE.id – Minggu, 15 September 2019 – Bisnis waralaba di Indonesia dinilai kurang aktif dan efektif. Menjamurnya jenis usaha ini dinilai hanya berani unjuk gigi di kancah nasional saja. Pemerintah mengharapkan bisnis jenis ini bisa beranak-pinak hingga mancanegara yang mana tujuannya tak lain adalah untuk menambah perekonomian masyarakat sendiri.

Komentar Kemendag dan Pihak Lain Akan Hal Ini

Karyanto Suprih selaku Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendag) menyatakan bahwa sebenarnya jenis bisnis yang satu ini termasuk bisnis yang paling diminati. Dirinya juga menilai bahwa jangan sampai jenis bisnis ini hanya aktif di kandang saja, menurutnya pemerintah harus membantu usaha mereka untuk bisa terjun ke mancanegara.

Memang benar apa yang dinilai oleh salah satu staf di Kemenag ini. Akan terasa sayang apabila jenis bisnis yang cukup banyak diminati hanya berkembang di dalam negara saja. Kalau bisa mengambil lebih banyak untung, mengapa tidak? Bisnis yang bergerak di skala nasional saja sudah mampu menarik minat konsumen, apalagi kalau dibawa ke mancanegara.

Karyanto juga memberikan komentar lain yang cukup menarik dan penting bagi para pengusaha waralaba. Jelasnya, pemerintah terutama Kemendag kedepannya akan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang berurusan dengan franchise.

Bentuk realisasi dari rencana Kemendag ini diterapkan dengan memasang persyaratan yang lebih sedikit dan proses yang lebih mudah. Karyanto juga memastikan bahwasannya apabila ada hal-hal yang perlu diubah dalam Kemendag, maka akan segera diubah.

Telah diketahui bahwa salah satu kendala yang kian kerap ditemui oleh mereka yang terjun di jenis bisnis ini adalah regulasi dan perizinan. Dalam hal ini, Karyanto memberi saran yang tak kalah cerdas. Ia menyarankan bagi siapa saja yang terkendala dua hal ini, maka lakukanlah komunikasi dengan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia dan Kadin.

Karyanto memastikan bahwa siapa saja yang berusaha ‘meminta bantuan’ WALI dan Kadin akan melakukan usaha yang tak sia-sia. Pasalnya, dua mitra ini adalah bagian dari Kemendag. Karyanto berkomentar bahwa pihaknya tak ingin pihaknya dan para pebisnis jenis usaha ini terjebak oleh regulasi yang mereka buat sendiri.

Masukan Untuk Para Pebisnis Waralaba

Siapa pun bisa-bisa saja berbisnis dengan jenis usaha ini, bahkan sudah dinilai bahwa jenis usaha ini cukup diminati oleh masyarakat. Hanya saja, diharapkan para pebisnis jenis usaha ini mampu berusaha keras untuk bisa terbang ke mancanegara.

Para pebisnis jenis usaha ini diharapkan untuk melakukan komunikasi dengan dua mitra Kemendag, yaitu Kadin dan WALI (Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia). Hal ini juga akan menjadi lebih mudah karena Kemendag sendiri akan berupaya memudahkan dan meringankan regulasinya.

Penulis: Shara Nurrahmi, S.Pd
Editor: Tim Admin WFI
Sumber: Kompas

Produk terbaru